waktu kita

VISI SMP NEGERI 157 JAKARTA

BERPRESTASI BERLANDASKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN



Sabtu, 03 Februari 2018

Soal uji 7 Word

Soal.7 ( MS. Word )
Selesaikanlah teks  tersebut dengan ketentuan :
a)      Ubahlah semua paragraf menjadi rata kiri-kanan
b)      Ubahlah judulnya menjadi huruf besar setiap awal kata melalui ikon Change Case (  )  dan dibuat rata tengah
c)      Ubahlah paragraph 1dan 2 menjadi bentuk kolom koran ( 2 kolom )
d)     Berilah tanda Bullet pada kata  ( Menyebabkan.......s/d  Menimbulkan ketergantungan.... )
e)      Ubahlah paragraph 4 (Bahaya narkoba..........ketergantungan)  menjadi bentuk kolom koran ( 2 kolom )
f)       Berilah nomor secara otomatis pada paragraf  yang tercetak tebal
g)      Ubahlah 2 paragraf terakhir menjadi bentuk “ Hanging Indent” dan “First Line Indent”
h)      Sisipkanlah gambar dan letakkan di tengah –tengah kolom koran
i)        Pasanglah Page Border
bahaya narkotika bagi kesehatan

Bahaya narkoba bagi para pecandu dan kalangan muda pelajar generasi penerus bangsa adalah banyak dan bila tidak segera dihentikan kebiasaan mengkonsumsi narkoba maka hal ini akan memperburuk derajat kesehatan penggunanya itu sendiri secara pelan-pelan tetapi pasti. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat .
Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih.

Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Kalau diambil rata- ratakan usia sasaran pengguna narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar anak didik kita kapan saja. Efek dampak penggunaan narkoba bisa dalam berbagai bentuk antara lain adalah sebagai berikut :


Menyebabkan penurunan atau pun perubahan kesadaran.
Menghilangkan rasa.
Mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri.
Menimbulkan ketergantungan / adiktif (kecanduan).


Bahaya narkoba untuk kesehatan yang terberat adalah efek ketergantungan obatnya itu sendiri. Karena dengan efek buruk yang ditimbulkan bagi para pecandu narkoba adalah keinginan untuk selalu memakainya secara berulang. Di Indonesia, pencandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar. Pada awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok. Karena kebiasaan merokok ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajar di kalangan pelajar saat ini. Dari kebiasaan inilah, pergaulan terus meningkat, apalagi ketika pelajar tersebut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pencandu narkoba. Awalnya mencoba, lalu kemudian mengalami ketergantungan.


Berikut beberapa tips menghindari narkoba yang dilansir dari website resmi BNN antara lain adalah sebagai berikut :


Jangan pernah untuk mencoba-coba menggunakan narkotika, kecuali atas dasar pertimbangan medis atau dokter.
Mengetahui akan berbagai macam dampak buruk narkoba.
Memilih pergaulan yang baik dan jauhi pergaulan yang bisa mengantarkan kita pada penyalahgunaan narkotika.
Memiliki kegiatan-kegiatan yang positif, berolahraga atau pun mengikuti kegiatan kegiatan organisasi yang memberikan pengaruh positif baik kepada kita.
Selalu ingatkan bahwawasannya ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.
Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.
Bila mempunyai masalah maka cari jalan keluar yang baik dan jangan jadikan narkoba sebagai jalan pelarian.

Oleh karena itu mulai saat ini kita selaku pendidik, pengajar, dan sebagai orang tua harus sigap dan waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kita sendiri. Dengan berbagai upaya cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan narkotika mari kita jaga dan awasi anak didik kita dari bahaya narkoba tersebut.

Faktor penyebab resiko menggunakan narkoba di kalangan remaja dan anak-anak sekolah maupun pemuda adalah pertama kali hanya sekedar ingin mencoba karena pergaulan lingkungan yang kurang baik dan contoh dari teman-temannya. Rasa ingin mencoba narkotika inilah menjadi pintu masuk pertama dan penyebab kalangan muda terjerumus dalam pengaruh dampak negatif penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang ini yang membahayakan kesehatan pada nantinya.


Nama           :
Kelas             :
No Absen     :

Tidak ada komentar: